Makalah Kewirausahaan Kehutanan (1)
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis baik itu barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan pelaku bisnis dimana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada strategi pemasaran yang dijalankannya .
Produk-produk yang dipasarkan dibuat melalui suatu proses yang berkualitas akan memiliki sejumlah keistimewaan yang mampu meningkatkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk tersebut. Dengan demikian pelanggan mau dan rela untuk kembali menikmati apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjadi pelanggan yang setia. Sedangkan untuk dapat mendistribusikan kualitas dibidang jasa merupakan hal yang tidak mudah. Oleh karena itudalam proses pendistribusian barang kepada konsumen harus ada perhatian penuh dari manajemen pemasaran paling atas hingga karyawan level bawah.
Salah satu masalah pokok yang menjadi kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan didalam pasar itu sendiri baik dari produk sejenis maupun dari produk lain. Hal tersebut merupakan tanggung jawab besar yang harus dimenangkan oleh suatu perusahaan jika ingin tetap eksis didalam persaingan bisnis. Persaingan yang semakin tajam dan perubahan-perubahan yang terus terjadi harus dapat dijadikan pelajaran oleh manajemen pemasaran agar dapat secara proaktif mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi baik untuk masa sekarang dan akan datang. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas mengenai apa itu konsep pemasaran dan konsep bauran pemasaran serta bagaimana strategi dan taktik pemasaran yang baik dan benar.
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari pembuatan makalah ini yaitu sebagai berikut:
- Apa saja konsep pemasaran ?
- Bagaimana strategi dan taktik pemasaran ?
- Apa saja konsep bauran pemasaran ?
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui konsep pemasaran
- Untuk mengetahui strategi dan taktik pemasaran
- Untuk mengetahui konsep bauran pemasaran.
Konsep Pemasaran
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai target pasar serta tujuan perusahaan.
Beberapa definisi mengenai pemasaran menurut para ahli diantaranya adalah :
- Philip Kotler menyebutkan pemasaran (marketing) adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
- Philip Kotler dan Amstrong mengatakan pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
- Menurut W Stanton, pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Konsep-konsep inti pemasaran meliputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhankebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
Dalam pemasaran terdapat lima konsep pemasaran yang mendasari cara organisasi melakukan kegiatan pemasarannya, yakni sebagai berikut:
1. Konsep Produksi
Konsep ini adalah salah satu konsep tertua, yaitu akan memilih produk yang mudah didapat dan murah harganya. Dalam hal ini memusatkan perhatiannya untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi serta cakupan distribusi yang luas. Konsep ini dapat dijalankan apabila permintaan produk melebihi penawarannya dan dimana biaya produk tersebut sangat tinggi. Kelemahan konsep pemasaran ini adalah pelayanan tidak ramah dan buruk.
2. Konsep Produk
Konsep ini berpendapat bahwa pelanggan akan memilih produk yang menawarkan mutu, kinerja terbaik dan inovatif dalam hal ini memuaskan perhatian untuk membuat produk yang lebih baik dan terus menyempurnakannya. Industri yang berwawasan ini cenderung tidak memperhatikan keinginan dan kebutuhan dari pelanggan, sehingga divisi pemasaran akan mengalami kesulitan dalam pemasaran.
3. Konsep Penjualan
Konsep ini berpendapat bahwa kalau pelanggan dibiarkan saja, pelanggan tidak akan membeli produk industri dalam jumlah cukup sehingga harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif. Konsep ini beranggapan bahwa pelanggan enggan membeli dan harus didorong supaya membeli. Konsep ini sering digunakan pada “ produk yang tidak dicari” atau tidak terpikir untuk dibeli serta pada industri yang mengalami kelebihan kapasitas produksi.
4. Konsep Pemasaran
Konsep ini berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan industri terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan. Pemasaran dalam Konteks Persaingan Global lebih efektif dan efisien daripada saingannya.
5. Konsep Pemasaran Sosial
Konsep ini beranggapan bahwa tugas industri adalah menentukan kebutuhan, keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhi dengan lebih efektif serta lebih efisien daripada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan pelanggan dan masyarakat. keputusan.
Strategi dan Taktik Pemasaran
Strategi Pemasaran adalah pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.Disisi lain, strategi pemasaran juga diartikan sebagai logika pemasaran yang digunakan unit bisnis dengan harapan tujuan pemasarannya bisa tercapai (Armstrong dan Kotler, 2000). Sedangkan taktik pemasaran merupakan implementasi dari strategi itu sendiri. Strategi pemasaran bisa berubah-ubah sesuai dengan yang dibutuhkan. Faktor utama yang menyebakan terjadinya perubahan tersebut adalah daur hidup produk, posisi persaingan dan situasi ekonomi.
Beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Pemasaran Langsung (Direct Selling)
Jenis strategi pemasaran ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan secara langsung dimana penjual memasarkan produknya kepada konsumen yang telah ditargetkan. Cara ini biasanya dilakukan secara door to door dengan mengandalkan kemampuan persuasif.
2. Komunisasi (Communitization)
Strategi pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan komunitas yang telah terbentuk (pool model) baik dalam dunia virtual maupun dunia maya. Hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan membangun komunitas baru untuk memberi ruang gerak dalam berbagi informasi.
3. Klarifikasi (Clarification)
Strategi pemasaran ini dilakukan dengan memosisikan tujuan dalam persepsi masing-masing target pasar dengan menonjolkan funsi dan manfaat yang dapat diberikan oleh suatu produk yakni dengan metode (who for and what for).
4. Titik Pembelian (Point of Purchase)
Strategi ini merupakan strategi pemasaran yang dilakukan dengan menempatkan material pemasaran atau iklan di dekat produk yang sedang dipromosikan.
5. Pemasaran Internet (Internet Marketing)
Strategi pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan internet dalam mempromosikan produk yang akan dipasarkan. Pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media-media sosial.
6. Segmentasi Pasar
Strategi ini merupakan strategi yang dilakukan dengan mengelompokkan pasar ke dalam beberapa segmen.
Konsep Bauran Pemasaran
Bauran Pemasaran adalah suatu strategi marketing yang menekankan bagaimana cara menjual produk seefektif mungkin. Berdasarkan data-data yang diperoleh dan dikumpulkan, baik melalui proses komputerisasi maupun data yang dikoleksi berdasarkan langganan, agar proses penjualan berjalan lancar. Dengan perkataan lain marketing mix adalah merupakan variabel-variabel yang dipergunakan oleh setiap perusahaan, sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen. Jadi marketing mix itu sendiri terdiri atas himpunan variabel-variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mmempengaruh tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.
Menurut pendapat D.W. Foster, bahwa marketing mix adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran dan faktor produksi yang dikerahkan guna mencapai tujuan badan usaha, minsalnya laba, penghasilan, harta yang ditanam, omzet penjualan, dan bagian pasar yang ingin direbut. Konsepsi marketing mix (salah satu contohnya diaplikasikan dalam strategi McDonald) adalah sebagai berikut:
1. Produk (Produc)
McDonald's merupakan perusahaan yang bergerak pada industri fast food restaurant. Produk yang ditawarkan berupa makanan dan minuman siap saji.
2. Harga (Price)
Penentuan harga ditetapkan dengan market price yang ditentukan oleh head office sesuai dengan daya beli konsumen. Tier adalah penetapan harga sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen di lingkungan tersebut, yang penetapannya ditentukan oleh lingkungan di mana restoran McDonald's tersebut berada.
3. Tempat (Place)
Berhubungan dengan lokasi untuk mendistri-busikan produk kepada pelanggan, dimana tempat tersebut harus strategis bagi target pasar yang dituju yaitu segmen kawula muda dan keluarga.
4. Promosi (Promotion)
Secara umum, program promosi dari market wide adalah promosi advertising melalui above the line, yaitu iklan TV.
Strategi promosi yang dilakukan meliputi :
- Promosi Public Relation, yaitu melalui hospitality dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.
- Advertising ( iklan), yaitu melalui above the line : kerja sama dengan stasiun radio lokal untuk menginformasikan event-event yang diadakan oleh McDonald's. Sedangkan melalui below the line : spanduk, poster, brosur, standing banner, hanging mobile, translite, back drop.
- Event ( peristiwa ) yang dilaksanakan di McDonald's yang dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang merupakan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.
- Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
- Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.
Adapun kesimpulan dari penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut:
- Konsep pemasaran yang dapat dilakukan pelaku bisnis dapat terbagi atas beberapa konsep yakni konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, dan konsep pemasaran sosial.
- Strategi dan taktik yang dilakukan dalam melakukan pemasaran mencangkup beberapa bagian yakni: pemasaran langsung, komunisasi, klarifikasi, titik pembelian, pemasaran internet, dan segmentasi pasar.
- Untuk menjangkau dan masuknya produk di dalam pasar memerlukan konsep bauran yang diantaranya seperti konsep produk, harga, tempat, dan promosi.
"Salam Lestari"
DAFTAR PUSTAKA
Gunawan, Anetta. 2014. Analisis Strategi dan Taktik Pemasaran Dalam Aktivitas E-Commerce Untuk Meningkatkan Pertumbuhan PT Golden Rama Express. Jurnal The Winners 15 (1) : 61-71.
Priangani, Ade. 2013. Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan 2 (4) : 1-9.
Rachman, Norman,dkk. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses Pengambilan Keputusan dan Kepuasan Debitur pada PT. Permodalan Ekonomi Rakyat Provinsi Riau. Jurnal Economi 22 (3) : 62-68.
Stanton, W.J. 1978. Fundamentals of Marketing 5th Ed. Tokyo: Kogakusha, McGraw-Hill Book Company.
Author : Lamboris_Pane
Editor : panehutan