Makalah Kewirausahaan Kehutanan (1)
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis baik itu barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan pelaku bisnis dimana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada strategi pemasaran yang dijalankannya .
Produk-produk yg dipasarkan dibuat melalui suatu proses yg berkualitas akan mempunyai sejumlah keistimewaan yg sanggup menaikkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk tadi. Dengan demikian pelanggan mau & rela buat pulang menikmati apa yg ditawarkan sang perusahaan & menjadi pelanggan yg setia. Sedangkan buat bisa mendistribusikan kualitas dibidang jasa adalah hal yg tidak mudah. Oleh lantaran itudalam proses pendistribusian barang pada konsumen sine qua non perhatian penuh menurut manajemen pemasaran paling atas sampai karyawan level bawah.
Salah satu perkara pokok yang sebagai hambatan dalam pemasaran merupakan banyaknya saingan didalam pasar itu sendiri baik berdasarkan produk homogen juga berdasarkan produk lain. Hal tersebut merupakan tanggung jawab besar yg harus dimenangkan sang suatu perusahaan apabila ingin permanen eksis didalam persaingan usaha. Persaingan yg semakin tajam & perubahan-perubahan yg terus terjadi harus dapat dijadikan pelajaran sang manajemen pemasaran supaya dapat secara agresif mengantisipasi perubahan-perubahan yg terjadi baik buat masa kini & akan tiba. Oleh karenanya, pada makalah ini akan dibahas tentang apa itu konsep pemasaran dan konsep bauran pemasaran serta bagaimana strategi & taktik pemasaran yang baik dan benar.
Rumusan Masalah
Adapun rumusan perkara berdasarkan pembuatan makalah ini yaitu sebagai berikut:
- Apa saja konsep pemasaran ?
- Bagaimana strategi dan taktik pemasaran ?
- Apa saja konsep bauran pemasaran ?
Adapun tujuan berdasarkan pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui konsep pemasaran
- Untuk mengetahui strategi dan taktik pemasaran
- Untuk mengetahui konsep bauran pemasaran.
Konsep Pemasaran
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai target pasar serta tujuan perusahaan.
Beberapa definisi tentang pemasaran berdasarkan para ahli antara lain adalah :
- Philip Kotler menyebutkan pemasaran (marketing) adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
- Philip Kotler dan Amstrong mengatakan pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
- Menurut W Stanton, pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Konsep-konsep inti pemasaran meliputi: kebutuhan, harapan, permintaan, produksi, utilitas, nilai & kepuasan; pertukaran, transaksi & interaksi pasar, pemasaran & pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, cita-cita & permintaan. Kebutuhan merupakan suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar eksklusif. Keinginan merupakan kehendak yg kuat akan pemuas yang khusus terhadap kebutuhankebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yg spesifik yang didukung dengan kemampuan & kesediaan buat membelinya.
Dalam pemasaran masih ada lima konsep pemasaran yg mendasari cara organisasi melakukan kegiatan pemasarannya, yakni menjadi berikut:
1. Konsep Produksi
Konsep ini adalah salah satu konsep tertua, yaitu akan memilih produk yg gampang didapat dan murah harganya. Dalam hal ini memusatkan perhatiannya untuk mencapai efisiensi produksi yg tinggi dan cakupan distribusi yg luas. Konsep ini dapat dijalankan apabila permintaan produk melebihi penawarannya dan dimana biaya produk tersebut sangat tinggi. Kelemahan konsep pemasaran ini merupakan pelayanan nir ramah & jelek.
Dua. Konsep Produk
Konsep ini berpendapat bahwa pelanggan akan menentukan produk yg menunjukkan mutu, kinerja terbaik dan inovatif pada hal ini memuaskan perhatian buat menciptakan produk yang lebih baik & terus menyempurnakannya. Industri yang berwawasan ini cenderung nir memperhatikan impian & kebutuhan dari pelanggan, sehingga divisi pemasaran akan mengalami kesulitan pada pemasaran.
Tiga. Konsep Penjualan
Konsep ini beropini bahwa jika pelanggan dibiarkan saja, pelanggan tidak akan membeli produk industri dalam jumlah relatif sebagai akibatnya harus melakukan bisnis penjualan & promosi yang militan. Konsep ini beranggapan bahwa pelanggan enggan membeli dan wajib didorong agar membeli. Konsep ini acapkali dipakai pada ? Produk yang tidak dicari? Atau tidak terpikir buat dibeli serta pada industri yang mengalami kelebihan kapasitas produksi.
4. Konsep Pemasaran
Konsep ini beropini bahwa kunci buat mencapai tujuan industri terdiri dari penentuan kebutuhan & hasrat pasar target dan menaruh kepuasan yang diinginkan. Pemasaran dalam Konteks Persaingan Global lebih efektif & efisien daripada saingannya.
Lima. Konsep Pemasaran Sosial
Konsep ini beranggapan bahwa tugas industri adalah memilih kebutuhan, cita-cita serta kepentingan pasar target & memenuhi menggunakan lebih efektif dan lebih efisien daripada saingannya menggunakan cara mempertahankan atau menaikkan kesejahteraan pelanggan dan rakyat. Keputusan.
Strategi dan Taktik Pemasaran
Strategi Pemasaran adalah pengambilan keputusan tentang porto pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran pada interaksi menggunakan keadaan lingkungan yg diperlukan dan syarat persaingan.Disisi lain, taktik pemasaran juga diartikan menjadi logika pemasaran yang dipakai unit bisnis menggunakan asa tujuan pemasarannya sanggup tercapai (Armstrong & Kotler, 2000). Sedangkan taktik pemasaran merupakan implementasi menurut strategi itu sendiri. Strategi pemasaran bisa berubah-ubah sesuai dengan yg diperlukan. Faktor primer yang menyebakan terjadinya perubahan tadi merupakan siklus hayati produk, posisi persaingan dan situasi ekonomi.
Beberapa taktik pemasaran yg bisa dilakukan merupakan sebagai berikut:
1. Pemasaran Langsung (Direct Selling)
Jenis taktik pemasaran ini merupakan strategi pemasaran yang dilakukan secara langsung dimana penjual memasarkan produknya kepada konsumen yang sudah ditargetkan. Cara ini umumnya dilakukan secara door to door dengan mengandalkan kemampuan persuasif.
Dua. Komunisasi (Communitization)
Strategi pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan komunitas yang telah terbentuk (pool model) baik pada dunia impian juga dunia maya. Hal yang bisa dilakukan selanjutnya merupakan menggunakan menciptakan komunitas baru buat memberi ruang gerak pada mengembangkan informasi.
3. Klarifikasi (Clarification)
Strategi pemasaran ini dilakukan menggunakan memosisikan tujuan pada persepsi masing-masing sasaran pasar menggunakan menonjolkan funsi & manfaat yang dapat diberikan oleh suatu produk yakni dengan metode (who for and what for).
4. Titik Pembelian (Point of Purchase)
Strategi ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan menempatkan material pemasaran atau iklan di dekat produk yg sedang dipromosikan.
Lima. Pemasaran Internet (Internet Marketing)
Strategi pemasaran ini dilakukan menggunakan memanfaatkan internet dalam mempromosikan produk yg akan dipasarkan. Pemasaran yang dilakukan menggunakan memanfaatkan media-media umum.
6. Segmentasi Pasar
Strategi ini merupakan taktik yg dilakukan dengan mengelompokkan pasar ke pada beberapa segmen.
Konsep Bauran Pemasaran
Bauran Pemasaran merupakan suatu taktik marketing yang menekankan bagaimana cara menjual produk seefektif mungkin. Berdasarkan data-data yg diperoleh & dikumpulkan, baik melalui proses komputerisasi juga data yang dikoleksi berdasarkan langganan, agar proses penjualan berjalan lancar. Dengan perkataan lain marketing mix adalah merupakan variabel-variabel yang digunakan oleh setiap perusahaan, sebagai sarana buat memenuhi kebutuhan dan impian para konsumen. Jadi marketing mix itu sendiri terdiri atas himpunan variabel-variabel yg bisa dikendalikan dan dipakai sang perusahaan buat mmempengaruh tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.
Menurut pendapat D.W. Foster, bahwa marketing mix merupakan suatu istilah yang menggambarkan semua unsur pemasaran & faktor produksi yang dikerahkan guna mencapai tujuan badan usaha, minsalnya laba, penghasilan, harta yang ditanam, omzet penjualan, dan bagian pasar yang ingin direbut. Konsepsi marketing mix (keliru satu misalnya diaplikasikan dalam taktik McDonald) merupakan sebagai berikut:
1. Produk (Produc)
McDonald's adalah perusahaan yg beranjak dalam industri fast food restaurant. Produk yg ditawarkan berupa kuliner & minuman siap saji.
2. Harga (Price)
Penentuan harga ditetapkan menggunakan market price yg dipengaruhi sang head office sesuai menggunakan daya beli konsumen. Tier adalah penetapan harga sinkron dengan kemampuan daya beli konsumen pada lingkungan tadi, yang penetapannya dipengaruhi sang lingkungan di mana restoran McDonald's tadi berada.
3. Tempat (Place)
Berhubungan menggunakan lokasi buat mendistri-busikan produk pada pelanggan, dimana tempat tersebut wajib strategis bagi target pasar yang dituju yaitu segmen kawula muda dan famili.
4. Promosi (Promotion)
Secara umum, acara promosi berdasarkan market wide adalah kenaikan pangkat advertising melalui above the line, yaitu iklan TV.
Strategi kenaikan pangkat yg dilakukan meliputi :
- Promosi Public Relation, yaitu melalui hospitality dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.
- Advertising ( iklan), yaitu melalui above the line : kerja sama dengan stasiun radio lokal untuk menginformasikan event-event yang diadakan oleh McDonald's. Sedangkan melalui below the line : spanduk, poster, brosur, standing banner, hanging mobile, translite, back drop.
- Event ( peristiwa ) yang dilaksanakan di McDonald's yang dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang merupakan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.
- Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
- Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.
Adapun kesimpulan dari penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut:
- Konsep pemasaran yang dapat dilakukan pelaku bisnis dapat terbagi atas beberapa konsep yakni konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, dan konsep pemasaran sosial.
- Strategi dan taktik yang dilakukan dalam melakukan pemasaran mencangkup beberapa bagian yakni: pemasaran langsung, komunisasi, klarifikasi, titik pembelian, pemasaran internet, dan segmentasi pasar.
- Untuk menjangkau dan masuknya produk di dalam pasar memerlukan konsep bauran yang diantaranya seperti konsep produk, harga, tempat, dan promosi.
"Salam Lestari"
DAFTAR PUSTAKA
Gunawan, Anetta. 2014. Analisis Strategi dan Taktik Pemasaran Dalam Aktivitas E-Commerce Untuk Meningkatkan Pertumbuhan PT Golden Rama Express. Jurnal The Winners 15 (1) : 61-71.
Priangani, Ade. 2013. Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan 2 (4) : 1-9.
Rachman, Norman,dkk. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses Pengambilan Keputusan dan Kepuasan Debitur dalam PT. Permodalan Ekonomi Rakyat Provinsi Riau. Jurnal Economi 22 (tiga) : 62-68.
Stanton, W.J. 1978. Fundamentals of Marketing 5th Ed. Tokyo: Kogakusha, McGraw-Hill Book Company.
Author : Lamboris_Pane
Editor : panehutan