Strategi dan Taktik Pemasaran dalam Lingkup Kehutanan
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis baik itu barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan pelaku bisnis dimana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada strategi pemasaran yang dijalankannya .
Produk-produk yg dipasarkan dibuat melalui suatu proses yang berkualitas akan mempunyai sejumlah keistimewaan yang bisa menaikkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk tersebut. Dengan demikian pelanggan mau dan rela untuk balik menikmati apa yg ditawarkan oleh perusahaan & sebagai pelanggan yg setia. Sedangkan buat dapat mendistribusikan kualitas dibidang jasa merupakan hal yang nir mudah. Oleh karena itudalam proses pendistribusian barang pada konsumen harus ada perhatian penuh berdasarkan manajemen pemasaran paling atas sampai karyawan level bawah.
Salah satu perkara pokok yg menjadi kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan didalam pasar itu sendiri baik dari produk homogen maupun berdasarkan produk lain. Hal tersebut adalah tanggung jawab akbar yg harus dimenangkan sang suatu perusahaan apabila ingin tetap eksis didalam persaingan bisnis. Persaingan yg semakin tajam & perubahan-perubahan yang terus terjadi harus bisa dijadikan pelajaran oleh manajemen pemasaran supaya bisa secara agresif mengantisipasi perubahan-perubahan yg terjadi baik buat masa kini dan akan tiba. Oleh karena itu, pada makalah ini akan dibahas tentang apa itu konsep pemasaran & konsep bauran pemasaran dan bagaimana strategi dan taktik pemasaran yg baik & sahih.
Strategi Pemasaran merupakan pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diperlukan dan syarat persaingan.Disisi lain, taktik pemasaran juga diartikan sebagai akal pemasaran yang digunakan unit usaha dengan harapan tujuan pemasarannya bisa tercapai (Armstrong dan Kotler, 2000). Sedangkan strategi pemasaran merupakan implementasi menurut strategi itu sendiri. Strategi pemasaran bisa berubah-ubah sesuai dengan yang diperlukan. Faktor utama yg menyebakan terjadinya perubahan tadi merupakan daur hidup produk, posisi persaingan & situasi ekonomi.
Beberapa strategi pemasaran yg bisa dilakukan merupakan sebagai berikut:
1. Pemasaran Langsung (Direct Selling)
Jenis taktik pemasaran ini merupakan strategi pemasaran yg dilakukan secara eksklusif dimana penjual memasarkan produknya kepada konsumen yang sudah ditargetkan. Cara ini umumnya dilakukan secara door to door menggunakan mengandalkan kemampuan persuasif.
Dua. Komunisasi (Communitization)
Strategi pemasaran ini dilakukan menggunakan memanfaatkan komunitas yg sudah terbentuk (pool model) baik dalam global impian maupun global maya. Hal yang bisa dilakukan selanjutnya merupakan dengan membentuk komunitas baru buat memberi ruang gerak dalam membuatkan warta.
Tiga. Klarifikasi (Clarification)
Strategi pemasaran ini dilakukan menggunakan memosisikan tujuan pada persepsi masing-masing target pasar dengan menonjolkan funsi & manfaat yg dapat diberikan oleh suatu produk yakni dengan metode (who for and what for).
4. Titik Pembelian (Point of Purchase)
Strategi ini merupakan strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan menempatkan material pemasaran atau iklan di dekat produk yang sedang dipromosikan.
Lima. Pemasaran Internet (Internet Marketing)
Strategi pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan internet pada mempromosikan produk yg akan dipasarkan. Pemasaran yg dilakukan menggunakan memanfaatkan media-media umum.
6. Segmentasi Pasar
Strategi ini adalah strategi yang dilakukan dengan mengelompokkan pasar ke pada beberapa segmen.
Penutup :
Strategi & taktik pemasaran pada lingkup kehutanan merupakan pemasaran pribadi, komunisasi, klarisifikasi, titik pembelian, pemasaran internet, & segmentasi pasar.
Sekian artikel yg membahas mengenai strategi & strategi pemasaran pada lingkup kehutanan, semoga berguna bagi para pembaca.
"Salam Lestari"
Sumber :
Gunawan, Anetta. 2014. Analisis Strategi & Taktik Pemasaran Dalam Aktivitas E-Commerce Untuk Meningkatkan Pertumbuhan PT Golden Rama Express. Jurnal The Winners 15 (1) : 61-71.
Priangani, Ade. 2013. Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan 2 (4) : 1-9.
Rachman, Norman,dkk. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses Pengambilan Keputusan dan Kepuasan Debitur dalam PT. Permodalan Ekonomi Rakyat Provinsi Riau. Jurnal Economi 22 (tiga) : 62-68.
Stanton, W.J. 1978. Fundamentals of Marketing 5th Ed. Tokyo: Kogakusha, McGraw-Hill Book Company.
Author : Lamboris_Pane
Editor : panehutan