Konsep Bauran Pemasaran Lingkup Kehutanan

konsep

Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis baik itu barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan pelaku bisnis  dimana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini, setiap  pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikan  perhatian penuh pada strategi pemasaran yang dijalankannya .

Produk-produk yg dipasarkan dibentuk melalui suatu proses yang berkualitas akan mempunyai sejumlah keistimewaan yg bisa menaikkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk tadi. Dengan demikian pelanggan mau & rela buat pulang menikmati apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjadi pelanggan yang setia. Sedangkan buat bisa mendistribusikan kualitas dibidang jasa adalah hal yg tidak gampang. Oleh lantaran itudalam proses pendistribusian barang kepada konsumen harus ada perhatian penuh dari manajemen pemasaran paling atas hingga karyawan level bawah.

Salah satu masalah utama yang menjadi kendala pada pemasaran adalah banyaknya saingan didalam pasar itu sendiri baik berdasarkan produk sejenis maupun dari produk lain. Hal tadi adalah tanggung jawab akbar yg harus dimenangkan oleh suatu perusahaan bila ingin tetap eksis didalam persaingan bisnis. Persaingan yang semakin tajam & perubahan-perubahan yang terus terjadi harus dapat dijadikan pelajaran sang manajemen pemasaran supaya bisa secara agresif mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi baik buat masa sekarang dan akan tiba. Oleh karenanya, pada makalah ini akan dibahas mengenai apa itu konsep pemasaran & konsep bauran pemasaran dan bagaimana strategi dan taktik pemasaran yg baik dan benar.

Bauran Pemasaran adalah suatu taktik marketing yang menekankan bagaimana cara menjual produk seefektif mungkin. Berdasarkan data-data yang diperoleh dan dikumpulkan, baik melalui proses komputerisasi maupun data yg dikoleksi menurut langganan, supaya proses penjualan berjalan lancar. Dengan perkataan lain marketing mix merupakan merupakan variabel-variabel yang dipergunakan oleh setiap perusahaan, sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dan cita-cita para konsumen. Jadi marketing mix itu sendiri terdiri atas himpunan variabel-variabel yg dapat dikendalikan & digunakan sang perusahaan untuk mmempengaruh tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.

Menurut pendapat D.W. Foster, bahwa marketing mix adalah suatu istilah yang mendeskripsikan seluruh unsur pemasaran dan faktor produksi yg dikerahkan guna mencapai tujuan badan usaha, minsalnya laba, penghasilan, harta yg ditanam, omzet penjualan, dan bagian pasar yg ingin direbut. Konsepsi marketing mix (keliru satu contohnya diaplikasikan pada taktik McDonald) merupakan sebagai berikut:

1. Produk ( Produc )

McDonald's merupakan perusahaan yang berkiprah dalam industri fast food restaurant. Produk yg ditawarkan berupa kuliner & minuman siap saji.

Dua. Harga (Price)

Penentuan harga ditetapkan menggunakan market price yg ditentukan oleh head office sinkron menggunakan daya beli konsumen. Tier merupakan penetapan harga sinkron dengan kemampuan daya beli konsumen pada lingkungan tersebut, yang penetapannya dipengaruhi oleh lingkungan di mana restoran McDonald's tersebut berada.

Tiga. Tempat (Place )

Berhubungan dengan lokasi buat mendistri-busikan produk kepada pelanggan, dimana loka tersebut wajib strategis bagi target pasar yang dituju yaitu segmen kawula belia & famili.

4. Promosi (Promotion)

Secara umum, program kenaikan pangkat berdasarkan market wide merupakan promosi advertising melalui above the line, yaitu iklan TV. Strategi promosi yang dilakukan meliputi :

  1. Promosi Public Relation, yaitu melalui hospitality dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.
  2. Advertising ( iklan), yaitu melalui above the line : kerja sama dengan stasiun radio lokal untuk menginformasikan event-event yang diadakan oleh McDonald's. Sedangkan melalui below the line : spanduk, poster, brosur, standing banner, hanging mobile, translite, back drop.
  3. Event ( peristiwa ) yang dilaksanakan di McDonald's yang dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang merupakan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.
  4. Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
  5. Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.
Penutup :

Konsep bauran pemasaran lingkup kehutanan, merupakan produk, harga, tempat & kenaikan pangkat .

Sekian artikel yang membahas mengenai Konsep bauran pemasaran lingkup kehutanan, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

"Salam Lestari"

Sumber :

Gunawan, Anetta. 2014. Analisis Strategi & Taktik Pemasaran Dalam Aktivitas E-Commerce Untuk Meningkatkan Pertumbuhan PT Golden Rama Express. Jurnal The Winners 15 (1) : 61-71.

Priangani, Ade. 2013. Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan dua (4) : 1-9.

Rachman, Norman,dkk. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses Pengambilan Keputusan & Kepuasan Debitur dalam PT. Permodalan Ekonomi Rakyat Provinsi Riau. Jurnal Economi 22 (tiga) : 62-68.

Stanton, W.J. 1978. Fundamentals of Marketing 5th Ed. Tokyo: Kogakusha, McGraw-Hill Book Company.

Author : Lamboris_Pane

Editor : panehutan

Iklan Relaterd

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel